MediaCenter


Berita Isu/Hoax

[SALAH] Gejala Varian Omicron Disebabkan oleh Komplikasi Vaksin Covid-19


Photo

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Melansir dari laman berita Reuters, hingga saat ini belum ada bukti yang menunjukkan bahwa gejala varian Omicron menyebabkan seseorang gagal jantung, aritmia, peradangan jantung, pembekuan darah, stroke, kerusakan saraf perifer dan kegagalan organ lainnya seperti yang diklaim dalam unggahan.

= = = =

KATEGORI: Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan

= = = =

SUMBER:
Facebook
https://archive.md/MuENN

= = = =

NARASI:

(Narasi diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“Beberapa gejala dari Varian Omicron di antaranya adalah:
-Gagal jantung
-Aritmia
-Peradangan jantung
-Pembekuan darah
-Stroke
-Kerusakan saraf Perifer
-Kegagalan organ lainnya

Omicron terdengar seperti komplikasi dari obat percobaan tertentu, bukan?”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah narasi melalui sebuah halaman Facebook Beware of Disinformation yang mengatakan bahwa gejala varian Omicron merupakan efek samping dari vaksin Covid-19. Klaim dalam narasi tersebut mengatakan bahwa gejala yang dialami seseorang yang mengalami varian Omicron adalah gagal jantung, aritmia, peradangan jantung, pembekuan darah, stroke, kerusakan saraf perifer dan kegagalan organ lainnya.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Melansir dari laman berita Reuters, hingga saat ini belum ada bukti yang menunjukkan bahwa seseorang yang terkena varian Omicron mengalami gejala-gejala tersebut. WHO hingga saat ini masih meneliti tingkat penularan dari varian Omicron. Profesor Laboratorium Patologi dan Obat-obatan di University of Wisconsin-Madison, yakni David O’Connor mengatakan bahwa masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengatakan bahwa varian Omicron mempunyai gejala yang berbeda dari penyakit yang lain.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh halaman Facebook Beware of Disinformation tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://m.medcom.id/telusur/cek-fakta/MkMq81Dk-cek-fakta-gejala-covid-19-varian-omicron-disebabkan-oleh-komplikasi-dari-vaksin-covid-19-ini-faktanya
  2. https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9TE6CJ-2

2021-12-15 08:40:27

Beri Komentar