MediaCenter


Berita Isu/Hoax

[SALAH] Foto Supermarket di Jerman Memasang Pagar Pembatas untuk Memisahkan Pengunjung yang Sudah Divaksin dan Belum Divaksin


Photo

NARASI:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“Sementara itu di Jerman pengunjung supermarket yang telah divaksin dan belum divaksin dipisahkan oleh pagar pembatas.”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Twitter dengan nama pengguna “beingrealmac” pada 3 Desember 2021 mengunggah sebuah foto yang menunjukkan suasana di sebuah supermarket dengan pagar pembatas yang membagi lorong supermarket menjadi dua bagian. Dalam unggahan tersebut, juga terdapat keterangan yang menyatakan bahwa foto tersebut merupakan foto sebuah supermarket di Jerman, untuk memisahkan pengunjung yang telah divaksin dan yang belum divaksin.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut merupakan foto pagar pembatas yang dipasang di dalam supermarket Kaufland di Kota Arad, Romania. Foto tersebut pertama kali diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Adrian Prisecaru” (https://www.facebook.com/pris3caru/) pada 23 November 2021, beberapa hari sebelum akun Twitter “beingrealmac” mengunggah foto tersebut.

Melansir dari media Romania B1TV, pemasangan pagar pembatas tersebut juga dilakukan di cabang supermarket Kaufland yang berlokasi di kota lain. Pagar pembatas tersebut memisahkan bagian pusat perbelanjaan di supermarket yang hanya bisa dimasuki oleh pengunjung yang telah divaksin, dengan bagian restoran dan toko cokelat, yang dianggap non-esensial sehingga dapat dimasuki oleh semua pengunjung.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “beingrealmac” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.facebook.com/pris3caru/photos/a.1825551184436267/3160908290900543 (https://archive.ph/1alP9)

2021-12-15 08:39:16

Beri Komentar